Jumat, 06 Agustus 2010

Menelusuri Jejak SARDONO WALUYO KUSUMO

Dalam perkembangan tari konteporer Indonesia Sardono Waluyo Kusumo adalah sebuah nama yang mendapatkantempat khusus. Melalui karya tarinya Sardono telah membawa nafas baru dalam dunia koreografi. Keinginannyauntuk membumikan seni tradisi Jawa dan sekaligus membawanilai modern ke dalam telah menempatkan Sardonosebagai satu ikon seni tari kontemporer Indonesia.

Selama ini Sardono melihat modernisasi tari Indonesia hanya menyentuh kulitnya saja, tidak sampai pada esensimodernisasi itu sendiri. Sikap ini sempat menimbulkan kontroversi di beberapa kalangan seniman tradisi. Baginyaseni tradisi tidak harus membuat dirinya mandek dalam menggeluti seni. Ia melihat bahwa seni tari lebih sekedarhiburan. Seni tari baginya adalah ungkapan pengalaman, perasaan dan pendapat dalam melihat setiap rangkaianperistiwa yang dilalui.

Sardono adalah seniman tari yang terlibat dengan lingkungan sosial dan lingkungan hidupnya. Dalam setiapkaryanya ia selalu membawakan tema yang menggajak masyarakat untuk lebih peduli pada apa yang terjadi dimasyarakat itu sendiri. Gagasan dan pemikirannya tentang kehidupan telah membuatnya sedemikian dekat denganalam sosial sekitarnya. Bahkan tidak jarang ia hidup bersama dalam sebuah komunitas suku terasing untul lebihmengenali akar tradisi yang menjadi nyawa dalam setiap karya tarinya.

Dalam setiap karya tarinya Sardono menggunakan berbagai unsur teater. Pementasan tari yang selama inimenggunakan tata panggung yang apa adanya oleh Sardono dikemas menjadi sebuah tontonan yang berbeda. Tatapanggung dan pencahayaan yang digarap dengan serius seperti mengingatkan penonton pada pertuniukan teaterkontemporer. Bahkan tidak jarang Sardono menggunakan perangkat multimedia untuk mendukung pementasankaryanya. Menurut koreografer Farida Oetoyo karya Sardono sudah termasuk “tanz-theater, artinya ada drama, adatari, ada dekor, ada seni rupanya. Semuanya ada di situ. Dan wujud koreografi masa kini adalah itu.

Sardono mencapai puncak kariernya sebagai penari klasik Jawa pada awal 1960-an. Dimulai pada tahun 1964 saatia mengikuti Rombongan Ramayana ke New York Fair, Amerika Serikat. Ke India Pada tahun 1967 di India, ia tidakhanya sebagai penari, tetapi juga penata artistik.

Pada tahun 1983, ia mendapat kehormatan untuk tampil di Festival Next Wave di Brooklyn Academy of Music, New York, Amerika Serikat, ia membawakan karya tarinya Passage Through the Gong. Ia mementaskan tari bertemakanlingkungan, soloensis atau Manusia Solo, di tiga kota ; Hamburg (Jerman ), Seoul (Korea Selatan) dan Jakarta.Soloensis kemudian dibawa ke Rio de Jeneiro (Brasil) pada tahun 1999.

Dalam forum Art Summit Indonesia tahun 1995, Sardono menampilkan karya seni sejarah yang spektakuler yaituOpera Diponegoro di Taman Ismail Marzuki  Jakarta. Bersama-sama menggarap Samgita Pancasona tahun 1968,Sumantri Gugur dan Rama Bargawa tahun 1971. NgrenesworoKetek Oglengdan Damarwulan tahun 1974.

Bermain dalam film Rembulan dan Matahari, karya tarinya yang penting diantaranya Dongeng Dari Dirah tahun1974, Tarian Cak Rina tahun 1976, Pesta Desa Teges Kanignan tahun 1976, Yellow Submarine tahun 1977,Metaekologi tahun 1979. Kiskrenda Kanda tahun 1982, Hutan Plastik tahun 1983, Angin Timur tahun 1983,Kerudung Asap/Hutan Terbakar tahun 1986, 10 Menit dari Borobudur tahun 1987.

Nama Sardono W. Kusumo dalam kancah seni tari kontemporer Indonesia perlu dicatat sebagai seorang senimanyang berjasa membumikan kembali dan memodernkan tari-tari tradisi dengan menengok kepada esensi danmemperkenalkannya ke dunia internasional melalui pendekatan kontemporer.

-spac + � / �~r 8 s an>tahun 1968,Sumantri Gugur dan Rama Bargawa tahun 1971. NgrenesworoKetek Oglengdan Damarwulan tahun 1974.

Bermain dalam film Rembulan dan Mataharikarya tarinya yang penting diantaranya Dongeng Dari Dirah tahun1974, Tarian Cak Rina tahun 1976, Pesta Desa Teges Kanignan tahun 1976, Yellow Submarine tahun 1977,Metaekologi tahun 1979. Kiskrenda Kanda tahun 1982, Hutan Plastik tahun 1983, Angin Timur tahun 1983,Kerudung Asap/Hutan Terbakar tahun 1986, 10 Menit dari Borobudur tahun 1987.

Nama Sardono W. Kusumo dalam kancah seni tari kontemporer Indonesia perlu dicatat sebagai seorang senimanyang berjasa membumikan kembali dan memodernkan tari-tari tradisi dengan menengok kepada esensi danmemperkenalkannya ke dunia internasional melalui pendekatan kontemporer.

Tidak ada komentar:

Follow Us